Selasa, 28 April 2015

Perjalanan Kulit Saya dengan Krim Racikan Dokter Kulit

Bagian 1

Haaiii, ini blog pertama saya, dan di post perdana ini saya ingin cerita tentaaaannggg Skincare saya yang paling ngaruuuhhhh bagi kulit badak saya.


Ilustrasi produk perawatan dokter. Sumber: www.ceriwis.com
Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman yang bagiku cukup berkesan (secara fisik) tentang kulit saya selama pakai krim racikan dokter. 

Enaknya dimulai dari jaman bayi ya. Bukan, saya bukan pemakai krim dokter dari jaman bayi tapi mau nyeritain dari awal nih kulitku (bakalan panjang nih). Mamaku sering cerita dulu saat saya bayi itu manis, putih, lucu kalau sekarang mungkin kebalikannya pait, coklat, nyebelin.Sekarang seiring berjalannya waktu,  kulit terasa semakin menua.

Saya yg mana? ya yg bayi lah ya :D
Menginjak SD saya jadi item, mungkin karena suka panasan ntah main engklek, sepedaan, main lompat tali, minggat dari rumah terutama kalo habis dimarahin mama (dan pasti saya mengajak adek), tapi kalo perut sudah kemruyuk laper, pasti pulang lagi dan kerennya ternyata mama gak nayriin alias gak nyadar kalo tadi sebenernya anaknya minggat :D. 

Jaman SD saya belum kenal lah sama yang namanya ngerawat wajah (kenalnya ya cuma  mainan, sekolah, madrasah) dan saat SD itu juga lah wajah saya sudah dihiasi "sesuatu". Di kelas 4 SD saya kena cacar air, rata dah dari muka sampe kaki, mungkin kalo nda diapa-apain itu cacar nggak mbekas kali ya, sedangkan cacar air yang berupa tonjolan bening di berisi air di pipiku itu dipencetin padahal masih basah, bayangpun, dipencett(in)!! (sama papa saya) T_T . Herannya papa cuma mencet yang di muka doang, di bagian lain yang tidak, papa saya orangnya memang gemesan sih kalo liat jerawat atau tonjolan-tonjolan di muka suka dipencet-pencet. Hasil pencetan itu menimbulkan kawah kecil berdiameter 0,5 cm-an di pipi kiri dan kanan,dan tak bisa hilang sampai sekarang.Hiks.."bopeng" itu kemudian selalu menemaniku hingga kini (walau sekarang sudah samar).

 Ketika SMP saya masih cuek sama yang namanya merawat wajah, paling kalau sedang rajin cumabersihin muka pakai Viva milk cleanser dan face tonic itupun dipaksa mama (yg mungkin risih liat anaknya dekil).
Hingga SMA saya mulai coba-coba deh pakai krim-kriman gitu, gara-gara pengen keliatan cantik kaya artis-artis di TV.  Tapi krimnya sekedar pelembab saja, mulai dari Viva, Ponds, Sari Ayu,Mustika Ratu,  semua pernah saya coba, hasilnya? Silakan coba lagi. Heheh aliasss belum ketemu yg cucoks.Gakcucok nya tuh ada yang bikin kulit terasa kasardan kering dan ada yang malah bikin jerawatan,

Oiya ketika SMA inilah saya juga baru sadar ternyata di kulit wajah saya ada semacam "kutil cilik" warna coklat bening yang merata di kelopak mata dan pipi. Papa  saya sepertinya panik ketika saya melaporkan si kucil (kutil cilik), karena papa saya gak bisa mencet saya juga gak mau dipencetin lagi,  papa nyuruh saya ke Dokter  Kulit di RST sekalian adek saya yang  punya masalah jerawat. Kata dokter si kucil ini merupakan jaringan lemak di kulit.  Tidak puas dengan penjelasan dokter, lalu saya cari-cari informasi ternyata si kucil ini disebut juga veruka filiformis dan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) seyem  yah. 

Ilustrasi kucil di kelopak mata. Sumber: Wikipedia

Saya disarankan oleh dokter buat membinasakan si kutil dengan cara laser, saya hanya nurut dan merasa keren wahhh laser gitu lohh yang saya bayangkan lasernya  kaya yang dimiliki pahlawan super di tontonan anak-anak,tapi kenyataannya, saya tidak melihat cahaya apapun (kukira lasernya nanti bercahaya merah atau hijau gitu) tidak. Ternyata lasernya gak keliatan warnanya dan digunakan untuk MEMBAKAR si kucil. 

Selama ini kalau megang kucil gak ada rasa sakit,tapi saat dibakar laser itu sakitnya tuh di kutil, saya juga mencium bau angus gitu (hiks dan yang angus adalah bagian dari wajahku). Saya kalu jatuh dari sepeda sampe keluar nanah gitu gak nangis, tapi saat dibakar air mataku keluar sendiri padahal gak kusuruh. Perih, panas, sampe rasanya pengen lari-lari (apa hubungannya). Terutama pas di kelopak mata, sakitnya sulit dah dijelasin. Setelah selesai penyiksaan itu saya ngaca, bekas kutil bakarnya jadi item, gosong pemirsa. Padahal sebelumnya si kucil gak begitu kentara (karena tersamarkan kulit sawo mateng saya) tapi saat itu malah lebih cetha. Dokter bilang 1 hari muka gak boleh kena air, gak boleh digaruk, seminggu gak boleh pake cem macem di muka, pake salep saja (padahal besok masih sekolah saat itu saya kelas 3 SMA).
Dalam beberapa hari bekas kucil nglotok sendiri tapiii, meninggalkan bekas semacam flek hitam yang jelas banget dan sama sekali tidak tersamarkan oleh kulit sawo matangku :( Bertambah lagi deh  penghias wajahku.

Kuliah, saya masih mencari jodoh skincare yang cocok. Saya pernah memakai Biokos White n Clear  (hanya pelembab dan sabun muka sih), saya rajin peeling, maskeran, kulit saya agak (sedikit) cerah, tapi tetap saja si flek bekas kucil maupun kawah bekas cacar gak bisa diumpetin. Oiya wajahku juga tambah rame loh karena kulit wajah saya warnanya tidak merataaa. Ada bagian putih-putih (seperti panu) yang menyebar di muka. Lengkap bingitz zaaa (kecuali jerawat).

Saya risih kalo melihat cermin dan menatap setiap detail kulit wajahku bingung harus pakai superpell kah biar kinclong  (mulai lelah). Sempat merenung apa kayak temen kuliah aja ya yang perawatan di klinik Lar**** atau L** mereka kulitnya kinclong-kinclong mennn, tapi saya merenung lagi, duitnya nuyul dimana secara saya anak kos-kosan dengan sangu  pas-pasan.

Hingga saat semester 7 saya dikenalin sama temen pacar saya (cieeee ono sing gelem jubulee :D), yang saya perhatikan dari teman pacar (sekarang sih sudah mantan pacar) adalah wajahnya, cerah,cantik,bersih, mulusss, aihh saya minder, si mantan punya temen cantik-cantik gitu kok  mau sama saya ya haha. Terus si mantan pacar bilang kalau temennya perawatan di dokter kulit  di Kendal (ternyata dia secara tidak langsung promosi perawatan ke saya). Biaya konsultasi sama paket perawatan gak sampe 200 ribu (pake rupiah ya). Disitu mata saya berbinar-binar, menatap secuil harapan. Ongkosnya lumayan murce.

Sebelum saya ke Dokter di Kendal, saya ke Dokter kulit (yang dulu membinasakan kutil episode 1) untuk membinasakan kutil yang tumbuh lagi (belum kapok dihajar laser).  Tapi pengalaman laser kedua itu membuat saya seperti dipukul keras banget rasanya jauh lebih sakit daripada episode satu. Yang menangani suster,  bilangnya tegangan laser rendah kok gak bakalan sakit (tp ya tetep  aja ampun-ampunan dah saya saat itu). Saya sampai menolak kelopak mataku dilaser,  di  pipi aja begitu apalagi di kelopak.
Selesai laser saya menemui dokternya, tanya-tanya bekas laser ini  bisa hilang atau nggak, bu Dokter menjawab bekas gak bisa hilang, kalau samar bisa tapi harus perawatan. 

Bekas laser kutil yang kedua belum pada ngelupas
Sedikitpun saya gak berminat perawatan ke dokter ini karena pengalaman adik saya yang ngobatin jerawat disini gak cocok, adikku malah panen jerawat, malah jerawatnya (yang lebih mirip "udun") hilang karena produk Latulipe. Kaya gitu cocok-cocokan sih, tapi saya benar-benar tidak berminat saat itu. Setelah laser kedua itu saya putuskan untuk KAPOK laser kutil lagi, hehe. 

Selang 2 mingguan luka bekas laser sudah kering dan FIX minta diantar mantan pacar ke Kendal.



BERSAMBUNG ke bagian 2.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar