Sabtu, 30 Mei 2015

DIY Skincare : Masker Coklat Kopi Madu + Yoghurt (COKO MAYO)

Assalamualaikum cantik, 

Sejak mengenal blog saya jadi sering ngetik2 gitu deh jadi semacam hobi baru selain menjahit, pengen banget cerita panjang lebar gitu tentang banyak hal. Tapi saat ini saya lagi fokus buat ngerawat kulit jadi di blog isinya banyakan skincare. Pengen sihh nulis2 tentang jait2an tapi entaran aja deh.

Hokee, salah satu problem kulit saya yang belum tertangani dengan total adalah muka merah  (redness). Sudah 1 bulanan lebih 1 minggu saya pakai diy toner, agak ngefek memang di pipi kanan, tapi di  pipi kiri bandel banget gak mau ilang, (tapi sedikit berkurang).



Kemerahan di pipi
Saya seperti pakai blush on, padahal itu merah alami (kalo dari jauh si bagus, tapi dari dekat bagi saya agak mengerikan)
Kemerahan di pipi
dari dekat, serem yah, ni aja sudah mending, sebulan yang lalu lebih besar area merahnya



Saya sih pengennya cepet-cepet ilang (gak sabaran heheh), kalau hanya toner dan serum vit B3, sepertinya memang memakan waktu lama, karena itu saya cari-cari tentang bagaimana menghilangkan kemerahan di muka. Ada banyak memang di antaranya pakai gel lidah buaya atau irisan mentimun, atau bisa juga pakai minyak-minyakan, bisa minyak almond, minyak zaitun,dll. Untuk kulit tipe acne prone saya sarankan jangan pake minyak-minyakan yah. Kalau saya sendiri sudah pakai gel lidah buaya dari Wardah tapi belum terlalu keliatan efeknya, kapan-kapan saya review.

Nah satu bahan yang menarik buat saya adalah masker coklat kopi. Manfaatnya? yuk check this out...

- KOPI BUBUK : mengurangi inflamasi, kemerahan,bahkan eye circles, sebagai bahan exfoliator (pengelupas kulit untuk mengangkat sel  kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memperlancar aliran darah di wajah)

- COKLAT BUBUK : mengandung antioksidan, meremajakan kulit  yang sering terkena polusi dan radikal bebas, mengandung sulfur (yang berguna untuk mengatasi jerawat) 

- MADU : haduuh kalo bahan ini semua orang mah pasti tau, manfaatnya buat kulit, saya buka sajaya rahasia publik ini, madu berfungsi sebagai pengunci kelembaban dan sebagai antimikroba serta anti jamur alami.

- YOGHURT : mengandung asam laktat (bukan asam laknat yah) untuk menghaluskan kulit dan melembabkan.

Wahh banyak banget kan manfaatnya, masker yang saya buat bisa ditambah lemon  (untuk kulit berminyak) atau ditambah minyak-minyakan (buat yang kulitnya SUPERR KERING). Okee langsung saja yiugg

---BAHAN---

bahan masker coklat kopi yoghurt madu

- 1 sdm coklat bubuk

- 1/2 sdm kopi bubuk murni

- 1 sdm plain yoghurt

- 1 sdm madu

---CARA MEMBUAT---

- campur saja semua bahan (trus udah gitu aja hehe gampang yah)

masker cokomayo
dicampur dicampur
lalu tiba-tiba menjadi seperti ini

---CARA PAKAI---

yaa kaya maskeran biasa, semua orang pasti tau lah yaa. :D

oiya setelah didiamkan dan mengering di wajah bilas muka dengan sedikit air hangat sambil diuyel-uyel diusap-usap, akan terasa butiran lembut bubuk kopi me'ngamplas' muka. Jadi ini sekaligus seperti peeling gitu yah. Setelah itu bilas pakai air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka karena air hangat tadi.


MUDAH SEKALI bukaaaaannn???? Tapi e tapi ternyata resep yang saya buat kebanyakan untuk muka dan leher saya yang ukurannya standar aja. Akhirnya kelebihannya saya aplikasikan ke tangan dan kaki. Saran saya kalau gak pengen kebanyakan, pengen secukupnya, buat setengah resep saja.

buaa, foto ini bisa buat nakutin curutt


---HASIL DAN EFEK---

+ Masker baunya nyummy banget kayanya enak (dimakan) tapi aku emoh makannya :))

+ Wajah saya segaarr bugaaarrr (ya iyalah secara baru bangun tidur trz maskeran trz dicuci aer)

++ Kemerahan di pipi saya BERKURANG! Amazing!!! padahal baru sekali pemakaian

efek masker coklat
kemerahannya berkurang kan?? bukan sulapan pake editan kamera lho ini :D


- ??? gak ada minusnyaaa buat muka saya tapi lho yaaa, kan efeknya bisa beda-beda tergantung kulit tiap orang

BIKIN LAGI??? Yo Mestuiii. 3 Hari sekali saya pakai maskeran.

Oiya sebenarnya ini post buat 2 minggu kemarin, gegara laptop saya rewel (gak mau dikonekin ke wifi), gak jadi diposting dahh dan sekarang saya bisa edit-edit lagi + ngepost karena pinjem laptop mamaku :D . Si Della (nama laptopku) terpaksa dipensiunkan, sudah jadi LANULA dia (laptop lanjut usia).

Saat ini wajah saya sudah gak ada merah-merahnya blaasss, ciyuuss dan sekarang si masker cokomayo ini jadi rutinitas mingguan (seminggu sekali dipakainya).

Btw tidak hanya kemerahan yang sudah hilang, kulitku juga sudah kembali lembut, gak kering dan normal! tak ada sensitif-sensitifan lagi. Rahasianya gak hanya di masker ini. Ada skin care baru yang saya tapi kapan-kapan aja deh dibahasnya hhohoh.. 


Oke demikian post ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasur. (formal amat) 

2 komentar: