Minggu, 17 Mei 2015

Beauty Compare: Toner Saccharomyces Ferment Filtrate (SFF) vs Toner STORM

Assalamualaikum,

Sudah tau kan ya kalo saya punya seabreg masalah kulit pasca lepas dari krim dokter, kalo  pada gak tau liat disono aja deh yaa. Ternyata eh ternyata DIY Skincare lumayan ampuh buat memperbaiki kulitku itu.

Disini saya mau review sekaligus compare (alias bandingin) hasil dari DIY Toner SFF dan Toner STORM dari blognya Lintang (disini kalo mau liat sumbernya yah).

Pertama yang saya buat adalah Toner SFF nya karena bahan guampangg binggo dan menurutku gak terlalu ribets. Langsung aja capcus yah.

TONER SFF

Awalnya saya bikin nih toner sesuai resep asli,  (100 ml air/1/2 cup gelas kecil, 2 sdm nasi baru matang, 1/2 sdt ragi fermipan), tapi e tapi, brubung saya gak punya kertas saring dan saya males nyaring berkali2 (males ribet si) hasil toner SFF nya cuman dikit dan banyak endapan putih di toner saya, setelah dipake pun hasilnya memang aluss, tapi meninggalkan bekas putih kering gitu di muka dan saya tidak suka efek putih garing (kaya nasi dikin garing di muka tipis banget).

Jadi saya share cara bikin ala saya saja yaa  ...

Alat :
- Gelas kaca yang agak besar volumenya
- Plastik buat nutup gelas
- Karet tempe (karet gelang biasa itu lho heheh)
- Botol untuk menyaring filtrat fermentasi (saya pakai botol bekas You C 1000)
- Corong (saya pakai corong dari bekas botol Aqua yang saya potong badannya - Orang kere aktif ya begini ini :D)

- Tissue saya pakai 2 lembar (awalnya saya pakai tissue tapi sekarang seringnya pake kertas saring hibah dari teman :D)

Bahan : 
- 200 mL (=1 cup gelas lah kira2 kurangi dikit) aqua Demineral atau air tanpa mineral (saya pakai merk Cleo))
- air perasan jeruk nipis sekitar 1 sdt
- 2 sdm nasi baru matang yang sudah didinginkan
- 1/2 sdm fermipan

Cara Buat : 
- Air + air perasan jeruk nipis dicampur dan diaduk2
- Tambahkan nasi, aduk2 lagi
- Tambahkan fermipan aduk2 sampai larut sempurna.
- Tutup gelas kaca pakai plastik dan rapatkan dengan karet.
- Fermentasikan selama 3 jam, ntar keluar gelembung2 gas (CO2) berarti fermentasi berhasil yau.
- Setelah 3 jam, saring air di atas permukaan endapan nasi (jangan sampe nasinya ikut kesaring) Why? menurut pengalaman saya endapan putih di atas nasi itu yang bikin kulit dilapisi lapisan putih tipis yg gak bingit.

toner fermentasi nasi dan lemon
Ada gelembung gas karbondioksidanya keliatan kan.

- Hasil filtratnya seperti ini:

Setelah masuk kulkas. Filtrat jernih endapannya duikiiiittt banget. Alhamdulillah yah.
- Masukkan freezer 10 menit untuk menghentikan proses fermentasi.
- Langsung bisa dipakai buat toner atau buat kompres wajah (pake Chizu Saeki Method juga OKE). Kalau saya sih pemakaiannya di pagi hari setelah cleansing milk - cumuk air - toner ditepuk2in ke wajah 2 menitan.
Untuk malam: setelah wajah bersih saya kompres  muka pakai kapas yang sudah direndam toner, (kapasnya saya kupas jadi tuipis2).

Csm-an
Cilukbaaa


HASIL DAN EFEK : 

Pertama kali muka saya memang halus dan lembab (walau sementara)

+ Di jidat saya muncul jerawat sedang dan kecil, saya kompres pakai nih toner SFF malam hari (15 menitan) besok paginya jerawat langsung kempes!  Wow banget buat saya.
Untuk jerawat saya yang besar butuh 4 harian buat kempes -  tapi ngelewati proses mateng dulu tuh jerawat (lama juga sih tapi okelah).

+ 3 minggu pemakaian kulitku mulai pulih, awalnya kasar kayak parutan (bahkan mengelupas dikit), ini sudah jauh lebih baik, lebih alus.

+ Muka saya gak bertambah kusam, yang ada redness di pipi sebelah kanan hilang dan  kulit saya lembut (kanan doang)

+ Selepas dari krim dokter ada flek hitam gak jelas(agak besar di dekat hidung saya tiba-tiba dalam 1 minggu pemakaian hilang.

- Bau nya agak kecut, tapi bagi saya tidak terlalu mengganggu. Saran saya biar baunya lebih enak, pakai saja beras wangi, bau hasil fermentasinya enak si (menurutku).

Nah sekarang langsung ke Toner berikutnya yah

TONER STORM

Toner STORM ini saya ngiler seember sama efeknya di kulit pencetus (baca: Lintang), makanya saya bela-belain ke Giant buat cari jamur Enoki dan bahan lainnya. Sebelumnya saya pakai Toner SFF sudah 3 mingguan lah. Oiya ini resep aslinya.

Alat : 
Sama kaya Toner SFF tapi tambahin panci sama kompor yak cz kaya masak2an ni.
Bahan : 
- Air demin 600 mL(saya bikin lebih banyak dari resep) karena saya takut airnya habis menguap hehe.
- Jamur Enoki 50gram saja buang bagian coklatnya yang bawah ya (saya beli di Giant 1 ons Rp 6.500,-)
- Teh Chamomile 1 kantong teh saja (saya pakai merk Lipton isi 15 kantong teh harganya Rp 16.XXX,-)
- Fermipan  1/2 sdm
- Nasi  2 sdm
- Harusnya sih pakai oat tapi sengaja saya skip, saya agak gak suka aja sama oat heheh. Jadi nh toner bikinan saya harusnya Toner STRM deh.. 

Cara Buat : 
Rebus Jamur Enoki selama 30 menit dengan api kecil saja
- Ambil  air rebusan jamurnya saja untuk menyeduh teh chamomile (jamurnya tidak saya pakai cz pengalaman pertama tuh jamur bikin hasil toner jadi sedikit banget susah disaring juga-saya sukanya yg hasilnya banyak secara saya boros banget pemakaiannya)
- Dinginkan air rebusan jamur, lalu tambahkan nasi aduk-aduk
- Tambahkan fermipan, aduk2
- Fermentasikan di ruang tertutup selama 3 jam.
- Saring lalu filtratnya taruh freezer 10 menit saja, siap pakai. 
- Hasil filtratnya gini nih :

toner STORM
HAsil lebih kuning keruh dari toner SFF

 HASIL DAN EFEK :
- Ntah muka saya jenuh sama ragi2an atau gimana, jujur saja nih toner tidak terlalu ngefek.
+ Muka saya hanya lembab sebentar banget  (lebih sebentar dari toner SFF)
+ Baunya gak kecut
- Muka saya gak terasa alus biasa saja huaaa (padahal ekspektasi saya jadi lebih lembut gitu)
- 1 minggu pemakaian kulitku makin kusam (hiks) sepertinya saya gak cocok kalau ditambah jamur atau tehnya saya gak tau. 
+ untuk jerawat efeknya kurang lebih sama dengan toner SFF
So, saya buat Toner Storm ini cuma 2 kali, yang pertama badan jamur ikut saya fermentasikan, yang kedua, badan jamur tidak saya fermentasikan dan hasilnya sami mawon. Sebenarnya ngarep banget hasilnya lebih bagus dari  SFF tapi apa boleh buat, saya harus tegar menghadapi kenyataan.

KESIMPULAN

  • Saya Lebih suka efek dari toner SFF tanpa jamur  dan teh sampai sekarang pun saya masih pakai tapi saya modiv dengan madu. Hasilnya gak kalah OKE dengan Toner SFF dengan bahan nasi.  

    Kedua Toner ini belum menunjukkan hasil signifikan dalam memudarkan flek hitam bekas jerawat. Tapi untuk Toner SFF berhasil menghilangkan (benar2 hilang) flek gak jelas.

    Hasil dan efek toner mungkin berbeda untuk kulit setiap orang. Kulit saya kering dan sensitif, dan agak berminyak di daerah T lebih cocok pakai Toner fermentasi nasi + jeruk nipis. 

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum mba atika mau tanya it pas dmodifikasi pake madu, it resepnya gmn ya?
    Nasi+madu ato madu aja?

    BalasHapus
  2. Sebelumny maksih ya atas sharing resep modifikasi SFFny . .😄

    BalasHapus